×

20 Tim Bakal Tampil di Tour d’Indonesia 2019

Kurang dari tiga pekan jelang berlangsungnya Tour d’Indonesia 2019, 20 tim dipastikan ambil bagian dalam lomba yang akan berlangsung pada 19-23 Agustus dari Candi Borobudur, Magelang, menuju Batur UNESCO Global Geopark, Bali.

Dengan kelas lomba 2.1, gelaran tahun ini menarik minat banyak tim dari berbagai negara untuk ambil bagian. Tapi, panitia penyelenggara memutuskan untuk membatasi jumlah peserta.

“Minat tim dari berbagai negara untuk ambil bagian di Tour d’Indonesia 2019 sangat luar biasa. Pemindahan waktu penyelenggaraan tidak mengurangi antusiasme mereka. Hingga saat terakhir, kami bahkan masih menerima email dari beberapa tim Eropa dan Asia yang ingin mendaftar,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara, Parama Nugroho, Rabu (31/7).

Tim peserta Tour d’Indonesia 2019 tidak hanya datang dari seri UCI Asia Tour, tapi juga dari UCI Africa Tour dan UCI Oceania Tour. Selain UCI Continental Tour, empat tim nasional dari kawasan Asia juga akan ambil bagian.

“Kami sebenarnya ingin mendapatkan tim peserta yang mewakili lima benua. Saat ini sudah ada tiga, kurang dari America dan Europe Tour. Tapi dari sisi pembalap, kelima benua itu sudah terwakili,” kata Parama.

Di daftar peserta terdapat beberapa tim yang baru petama kali berlomba di Indonesia, yaitu ProTouch Cycling dari Afrika Selatan, Taiyuan Miogee dari China, dan XSpeed United Continental Team dari Hong Kong. Peringkat pertama UCI Asia Tour, Team Sapura Cycling, juga dipastikan turun di gelaran ini.

Indonesia akan diwakili oleh empat tim, yaitu PGN Road Cycling Team, KFC, Customs Cycling Indonesia dan Tim Nasional.

Daftar Tim Peserta Tour d’Indonesia 2019

  1. PGN Road Cycling Team (INA)
  2. KFC (INA)
  3. Customs Cycling Indonesia (INA)
  4. Team Sapura Cycling (MAS)
  5. Terengganu Inc. TSG Cycling Team (MAS)
  6. Brunei Darussalam Continental Team (BRU)
  7. Thailand Continental Cycling Team (THA)
  8. 7-Eleven Cliqq – Air21 by Roadbike Philippines (PHI)
  9. Kinan Cycling Team (JPN)
  10. KSPO Bianchi Asia Pro Cycling (KOR)
  11. HKSI Pro Cycling Team (HKG)
  12. XSpeed United Continental (HKG)
  13. Taiyuan Miogee Cycling (CHN)
  14. George Continental Cycling Team (AUS)
  15. Oliver’s Real Food Racing (AUS)
  16. ProTouch Cycling Team (RSA)
  17. Indonesian National Team
  18. Iran National Team
  19. UAE National Team
  20. Kazakhstan National Team