×

Performa Dominan Lebas di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019

Bangli. Finis di urutan delapan pada etape terakhir tak menghentikan Thomas Lebas untuk mendominasi Bank BRI Tour d’Indonesia 2019.

Setelah penghitungan waktu resmi selesai, pembalap asal Kinan Cycling Team ini dinyatakan sebagai juara umum dan juga peringkat teratas kategori King of Mountain, yang memberi Lebas jersey hijau dan biru.

Lebas mempertahankan jersey hijau tanda peringkat pertama klasifikasi umum, setelah pesaing terdekatnya Angus Lyons dari tim Oliver’s Real Food Australia finis di urutan enam pada etape terakhir, yang menempuh jarak 136,8 kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Bangli. Dalam hasil akhir, Lebas unggul 1 menit 31 detik atas Lyons.

"Balapan ini sangat terbuka karena situasi bisa berubah setiap hari, jadi saya harus berada di barisan depan di setiap etape agar jangan terlalu tertinggal dari pembalap-pembalap kuat lainnya," kata pembalap asal Prancis ini seusai balapan, Jumat (23/8).

Lebas merebut jersey biru sejak etape kedua berakhir dan tak pernah mendapat tantangan dari pembalap lain. Pada kategori klasifikasi umum, pembalap berusia 33 tahun ini merebut jersey hijau dari tangan Lyons di akhir etape empat.

"Etape pertama sangat penting, pun kemarin (etape empat). Kalau saja saya tertinggal sembilan menit dari peloton (etape pertama), saya tak akan mendapatkan jersey hijau," kata Lebas, yang mencatat rata-rata kecepatan 40,62 km/jam dalam lima etape.

Keberhasilan Lebas merebut jersey hijau dan biru menunjukkan dominasinya. Tapi, bagi Lebas jersey biru dan gelar raja tanjakan hanyalah bonus.

"Tujuan saya adalah jersey hijau (pimpinan klasemen umum). Jersey biru  datang hasil breakaway setiap hari dan saya mendapatkan poin. Hari ini saya berfokus pada jersey hijau. Jersey biru hanya bonus," ujarnya.

Berkat penampilannya, Lebas membantu Kinan Cyclling untuk merebut posisi tiga kategori tim terbaik, di bawah Team Sapura Cycling dan Terengganu Inc. TSG Cycling.