×

Finis Solo, Benjamin Dyball Juara Etape Terakhir Bank BRI Tour d'Indonesia 2019

Bangli - Pembalap Team Sapura Cycling, Benjamin Dyball, masuk finis seorang diri pada etape terakhir Bank BRI Tour d’Indonesia 2019, Jumat (23/8), yang meneruskan tradisi juara berbeda di setiap etape.

Dyball menjadi pembalap kedua Team Sapura Cycling yang naik podium pertama etape setelah Marcus Culey pada etape ketiga.

Secara keseluruhan, empat dari lima pembalap tim Sapura pernah merasakan beragam podium dalam lima etape Bank BRI Tour d'Indonesia 2019. Dua pembalap lain adalah Christian Raileanu yang meraih podium kedua di etape kedua dan Mario Vogt yang merebut posisi ketiga pada etape pembuka.

"Etape kemarin sangat sulit. Sebenarnya saya ingin menang di etape itu (etape empat), tapi hari ini berlangsung baik bagi saya," kata Dyball usai balapan.

Dyball menyentuh garis finish seorang diri setelah sempat salip-menyalip dengan pembalap tim Taiyuan Miogee Cycling, Jeroen Meijers, beberapa kilometer menjelang finish.

"Mungkin dua kilometer sebelum puncak tanjakan terakhir, ia sedikit kewalahan dan saya akhirnya meningkatkan kecepatan," kata Dyball.

Kemenangan Benjamin Dyball ini, memperkokoh posisi Sapura Cycling Malaysia sebagai juara umum klasemen akhir Bank BRI Tour d'Indonesia 2019. Dia pun mensyukuri pencapaian ini karena prestasi ini akan memperkuat posisi Team Sapura di klasemen sementara UCI Asia Tour.

Secara keseluruhan, Dyball juga mengaku puas dengan penyelenggaraan Bank BRI Tour d'Indonesia 2019. Menurutnya, cukup banyak trek sulit yang ditemui sepanjang tur seperti etape empat yang menempuh rute Jember hingga Ijen.

"Kemarin (etape empat) sangat sulit. Tidak ada tanjakan seperti itu yang pernah saya tempuh sebelumnya. Sejauh ini, itu yang terberat," ujar juara Oceania ini.

Berkat kemenangan ini, Dyball sukses memperbaiki posisi di klasifikasi umum. Dia naik ke posisi 13, dari sebelumnya peringkat ke-17. Gelar juara umum diraih pembalap Kinan Cycling Jepang, Thomas Lebas.

Adapun pembalap Team Sapura Cycling dengan peringkat akhir terbaik diraih Jesse Ewart yang justru tidak pernah naik podium sepanjang Bank BRI Tour d'Indonesia 2019.