×

Thomas Lebas Kuasai Jersey Hijau dan Biru Bank BRI Tour d’Indonesia 2019

Banyuwangi. Meski hanya finis di urutan dua pada etape empat, Thomas Lebas menegaskan dominasinya di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 dengan menguasai jersey hijau dan biru.

Lebas, yang tergabung dalam Kinan Cycling Team, memimpin klasifikasi umum dengan total catatan waktu 16 jam 23 menit 3 detik dan klasifikasi best climber dengan total 55 poin usai etape empat yang berjarak 151,8 kilometer dari Alun-alun Jember menuju Paltuding, Banyuwangi, Kamis (22/8).

Tanjakan Pegunungan Ijen bukan hal yang asing untuk Lebas karena dia sudah pernah menjajalnya tahun lalu dan dia sadar benar etape ini bisa menjadi peluangnya untuk naik ke puncak klasifikasi umum.

“Saya tahu tanjakan ini sangat berat dan saya tahu mungkin kami punya peluang bagus untuk merebut etape ini dan juga posisi puncak klasifikasi umum. Saya melakukan tugas dengan baik dari kaki bukit. Saya kecewa tidak bisa menang, tapi gembira bisa merebut posisi pertama klasifikasi umum,” kata pembalap asal Prancis ini usai lomba.

Dengan target tanjakan terjal di Kawasan Ijen, Lebas tak membuang tenaga di lintasan datar. Dia bahkan berada di peloton saat titik King of Mountain 1 di Puncak Watu Gudang yang terletak di km 31,1. Memasuki Kota Banyuwangi, peloton mulai meningkatkan kecepatannya dan Lebas pun mulai beraksi.

Di titik King of Mountain 2, dia menempati urutan kedua di belakang Amir Kolahdouz Hagh dari tim Taiyuan Miogee. Setelah itu, pembalap berusia 33 tahun ini mulai melakukan break Bersama Metkel Eyob. Meski sempat unggul, Lebas harus mengakui kemenangan Eyob di garis akhir.

Tapi, hasil itu cukup untuk melambungkan posisinya di klasifikasi umum dan berhak atas jersey hijau dan jersey biru. Pada etape terakhir, Lebas akan memakai jersey hijau sementara Kolahdouz akan memakai jersey biru.

Dengan keunggulan 1 menit 37 detik atas Angus Lyons dari Oliver’s Real Food Racing, semua hal masih bisa terjadi. Tapi, Lebas punya peluang bagus untuk mempertahankan posisinya karena terdapat satu tanjakan terjal juga di etape lima.

“Satu etape lagi, tapi bukan etape yang mudah. Saya melihat buku lomba dan kelihatannya cukup sulit. Saya mempunyai tim yang hebat. Kami akan mencoba sekuat tenaga untuk mempertahankan jersey hijau,” ucapnya.