×

Metkel Eyob Taklukkan Tanjakan Ijen di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019

Banyuwangi. Pemenang baru kembali muncul dalam gelaran Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 setelah pembalap Terengganu Inc. TSG Cycling, Metkel Eyob, memenangi etape empat yang berjarak 151,8 kilometer dari Jember menuju Paltuding, Banyuwangi, Kamis (22/8).

Eyob masuk finis dengan catatan waktu 4 jam 16 menit 33 detik, di depan Thomas Lebas dari Kinan Cycling Team setelah melalui tanjakan terjal di Kawasan Pegunungan Ijen.

“Lomba ini sangat berat terutama di 10 kilometer terakhir di mana tanjakannya sangat terjal. Lomba yang berat. Ini lomba pertama saya di sini. Tiga etape terakhir juga sangat berat. Rekan setim saya pernah berlomba di sini dan mereka bilang tanjakannya sangat terjal. Saya dan sepeda saya sudah siap untuk tanjakan ini,” kata pembalap asal Eritrea ini usai lomba.

Pembalap berusia 25 tahun ini mengaku bangga bisa mewakili Eritera di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 dan di negaranya terdapat banyak tanjakan seperti tanjakan di Ijen.

Setelah timnya tak mampu naik podium pada tiga etape sebelumnya, Eyob mengatakan dia dan timnya termotivasi untuk pulang dengan setidaknya kemenangan di satu etape.

“Kami harus mencuri satu kemenangan di Tour d’Indonesia tahun ini dan kami harus melakukannya sebagai tim. Kami punya jersey kuning untuk kategori pembalap Asia terbaik. Kami mencoba untuk mempertahankannya dan setidaknya menang di satu etape,” ujarnya lagi.

Menghadapi etape terakhir, dia mengaku tidak tahu banyak soal trek di Bali. Tapi, dia mengandalkan pengalaman rekan-rekan setimnya yang pernah berlomba di Tour d’Indonesia tahun lalu dan mereka ingin mempertahankan jersey kuning.

Hasil ini melambungkan Eyob 12 peringkat dan dia menempati peringkat lima klasifikasi umum, di bawah Thomas Lebas, Angus Lyons, Cristian Raileanu, dan Jesse Ewart.