×

Abdul Soleh Pembalap Indonesia Tercepat di Etape 3 Bank BRI Tour d’Indonesia 2019

Jember. Pembalap tim KFC Cycling Abdul Soleh mencatatkan diri sebagai pembalap Indonesia tercepat pada etape ketiga Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 yang menempuh rute sejauh 193 kilometer dari Batu ke Jember, Rabu (21/8).

Abdul menyelesaikan balapan di peringkat ketujuh, dengan selisih waktu 1 menit 39 detik dari peringkat pertama Marcus Culey.

"Menurut saya hari ini lumayan bagus. Saya mencoba breakaway dan ikut memimpin bersama sepuluh rider lain," kata Abdul Soleh seusai balapan.

Menurut Abdul, ia dan anggota tim lain memang langsung agresif sejak awal lomba karena tak ingin mengulangi hasil dua etape awal, saat ia dan anggota tim KFC terlambat panas.

"Maka begitu kilometer nol, langsung keluar (breakaway). Tapi sayang di 20 kilometer terakhir agak tertinggal karena tenaga sudah agak habis,” ujar pembalap berusia 27 tahun ini.

Pembalap KFC Cycling, Abdul Soleh (kanan), finis di urutan tujuh pada etape ketiga Bank BRI Tour d'Indonesia 2019, yang berlangsung Rabu (21/8).

Etape ketiga dimulai dari Batu yang berhawa dingin dan berakhir di Jember yang panas dan kering. Menanggapi perubahan temperatur ini, Abdul menyebutnya tak terlalu berpengaruh. Ia mengatakan sudah terbiasa balapan dalam temperatur dan udara yang berubah.

"Sama sekali tidak berpengaruh. Saya latihan di Yogyakarta, itu juga dari dingin ke panas, dan sebaliknya," kata Abdul lagi.

Satu-satunya kendala dalam balapan kali ini, terang Abdul, adalah angin yang terkadang bertiup kencang dari sampaing, serta jalanan bergelombang dan berlubang.

"Itu berpengaruh karena harus berfokus ke jalanan juga. Jadi saya harus terus waspada," katanya.

Meski mencatatkan diri sebagai pembalap Indonesia terbaik di etape ketiga, Abdul Soleh masih belum mampu menggeser rekan setimnya, Muhammad Abdurrohman, di klasemen umum pembalap Indonesia terbaik. Abdul masih stagnan di peringkat keenam.

Mengenai persiapan menghadapi etape empat yang diisi banyak tanjakan, Abdul Soleh pun mengaku siap karena pernah beberapa kali menempuh rute  Jember hingga Ijen.

"Tanjakannya cukup menantang. Saya pribadi juga punya ambisi memimpin. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik," pungkas pembalap spesialis tanjakan ini.