×

Dua Pembalap Timnas Indonesia Kecelakaan di Etape 3 Bank BRI Tour d'Indonesia 2019

Jember. Dua pembalap tim nasional Indonesia, Projo Waseso dan Dealton Nur Arif Prayogo mengalami kecelakaan pada etape ketiga Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 yang menempuh rute Batu hingga Jember, Rabu (21/8).

Dealton terjatuh usai bersenggolan dengan pembalap tim Terengganu TSG Cycling, Maral-Erdene Batmunkh, pada kilometer 12.

Adapun Projo mengalami cedera di tangan kiri usai menerjang lubang di jalanan pada kilometer 52. Ia bahkan disebut tidak bisa menuntaskan Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 yang masih menyisakan dua etape.

"Tadi saat dicek pertama kali, dibuka sarung tangannya, Projo sangat kesakitan. Saya curiga, entah dislokasi, retak, atau sobek ligament. Kalau Dealton sebagian besar luka lecet di kulit. Selagi dibalut dan diberikan obat pengurang rasa nyeri, ia bisa melanjut lomba," kata dokter tim nasional Andhika Respati, yang juga menjadi Race Doctor di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 ini.

Projo menuturkan, insiden bermula saat angin kencang bertiup dari arah kiri sehingga memaksa dirinya dan pembalap lain yang berada di rombongan bergeser ke sisi kanan jalan.

Saat berpindah jalur, kata Projo menerangkan, ia berupaya tidak terlalu dekat dengan penonton namun justru tidak menyadari lubang di hadapannya. Akibat guncangan yang keras, velg sepedanya pun rusak.

"Saya tahu velg pecah, tapi masih memaksakan untuk masuk ke grup karena ada target di stage ini. Namun setelah dipaksa, tangan kiri malah nyeri dan tidak bisa mengepal. Saya sangat kecewa karena ada ekspektasi di etape ini. Etape tiga adalah nomor saya, usai gagal di etape pertama. Saya ada ambisi (naik) podium,” ujarnya.

Mengenai kronologis kecelakaan, Dealton menuturkan bahwa dirinya bermaksud melakukan break, namun tidak menyadari bahwa pembalap Batmunkh juga memiliki niat serupa di sisi kanannya. Mereka pun bertabrakan dan terjatuh.

"Setelah saya cek sepeda, ternyata ada masalah di ban belakang. Saya pun menunggu tim dan ambulans untuk menutup sementara luka," kata Dealton.

Rupanya masalah tak berhenti di sana. Saat memasuki kilometer 50, sepeda penggantinya malah bermasalah. Ia pun kembali menggunakan sepeda pertama yang sedikit rusak.

"Mungkin akan berpengaruh 15-20 persen (dampak kecelakaan) terhadap penampilan besok. Tapi saya tetap akan maksimal," tuturnya.

Etape keempat Tour d'Indonesia akan menempuh rute sejauh 151,8 kilomter, dari Jember hingga Paltuding Park di Ijen, Banyuwangi, dengan tiga intermediate sprint dan tiga titik tanjakan.