×

Pembalap Paling Senior di Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 Kuasai Jersey Hijau

Batu. Setelah nyaris menang di etape pertama Bank BRI Tour d’Indonesia 2019, Ryan Roth memimpin klasifikasi umum di akhir etape kedua, yang menempuh jarak 163,4 kilometer dari Madiun menuju Batu, Selasa (20/8).

Roth finis di urutan enam, tapi mampu melonjak ke posisi pertama klasifikasi umum sementara dan akan memakai jersey hijau di awal etape ketiga, yang menempuh jarak 193 kilometer dari Batu menuju Jember.

Meski hanya finis di urutan enam, Roth mengaku puas dengan lomba hari itu karena tanjakannya tidak terlalu terjal.

“Hari ini saya pikir akan menjadi etape yang baik untuk saya. Tanjakannya tidak terlalu terjal. Saya bukan seorang climber tapi hasil etape ini cukup bagus sehingga saya bisa menjadi pemimpin sementara. Saya pikir etape ini sulit untuk dimenangkan, jadi saat tiga pembalap melaju ke depan saya hanya fokus untuk merebut peringkat pertama keseluruhan,” kata pembalap asal Kanada ini.

Dengan jarak 193 kilometer, etape ketiga menjadi etape terpanjang di Bank BRI Tour d’Indonesia 2019. Tapi, etape ini mungkin lebih cocok untuk karakter Roth karena treknya relatif datar. Meski begitu, dia tak mau ambil risiko.

“Sulit untuk dikatakan. Lomba berjalan dengan amat sangat agresif dan lomba berubah setiap hari. Saya bukan seorang climber yang hebat untuk tanjakan hebat di etape terakhir. Mungkin kami akan mencoba mempertahankan jersey hijau untuk besok dan mencoba tak terlalu khawatir soal hasil akhir. Tapi saya akan menempatkan itu sebagai kemungkinan terendah,” ujar Roth.

Di usia 36 tahun, Roth adalah pembalap paling senior di tim XSpeed United Continental. Rekan setimnya rata-rata berusia di awal 20 tahun. Tapi, dia menunjukkan kemampuan dan pengalamannya. Dia menjadi satu-satunya pembalap XSU di 10 besar.

Kita tunggu kejutan dari Roth di etape berikutnya.