×

Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 Menjadi Kemenangan Pro Perdana Meijers

Batu - Pembalap tim Taiyuan Miogee Cycling Jeroen Meijers memenangkan etape kedua Bank BRI Tour d'Indonesia 2019 yang menempuh rute Madiun hingga Batu pada Selasa (20/8).

Meijers menyalip Thomas Lebas dari tim Kinan Cycling Jepang yang sempat memimpin rombongan berisi tiga pembalap menjelang garis finish. Lebas akhirnya finish di peringkat ketiga. Posisi kedua menjadi milik Cristian Raileanu dari Team Sapura Cycling.

"Hari yang berat dengan angin samping dan tanjakan Panjang. Tanjakannya sangat bagus. Kami bertiga butuh beberapa saat untuk bisa melepaskan diri. Saya merasa senang dengan sprint, jadi saya menunggu untuk itu,” kata Meijers usai lomba.

Etape kedua yang menempuh jarak 163,4 kilomter diisi dua tanjakan masing-masing di Jombok dan Pujon.

Menanggapi kedua tanjakan itu, Meijers mengatakan tidak terlalu kesulitan. Ia menilai keduanya tidak begitu terjal dan masih dapat dilalui dengan baik untuk dirinya yang diakui bukan seorang climber.

"Kaki saya dalam kondisi bagus dan tanjakan juga tidak terlalu terjal. Itu bagus buat saya. Jadi saya bisa menggunakan tenaga. Tadi tanjakan panjang dan saya semacam menikmatinya. Tanjakan pertama (Jombok) lebih berat dan terjal. Yang kedua (Pujon) lebih mudah karena sudah melalui yang pertama yang sulit," kata pembalap berusia 26 tahun ini.

Adapun Christian Raileanu cukup senang dengan hasil etape ini kendati gagal menjuarainya. Raileanu sempat beberapa kali pula memimpin kelompok pembalap berisi Meijers dan Lebas, tapi akhirnya harus puas di posisi kedua.

"Bagi saya, ini cukup puas. Manajer juga senang dengan hasil ini. Saya tidak sabar menunggu etape empat yang sangat sulit karena banyak tanjakan," ujar juara nasional Moldova ini.

Secara umum, meski gagal naik podium di Stage 2, pembalap tim XSpeed United Continental, Ryan Roth, memimpin klasemen pembalap dan berhak mengenakan jersey hijau, disusul pembalap Team Sapura Cycling, Mario Vogt, dan pembalap Terengganu TSG Cycling Choon Huat Goh.

Jersey merah penanda pembalap dengan poin terbanyak akan dikenakan Mario Vogt dan jersey biru sebagai simbol raja tanjakan dipegang Thomas Lebas.

Untuk kategori pembalap Indonesia terbaik, pembalap tim PGN Road Cycling Aiman Cahyadi menjadi yang tercepat di etape dua. Aiman finish di peringkat ke-10.

Hasil ini membuat Aiman kini berada di posisi kedua pembalap Indonesia tercepat secara umum, di bawah Muhammad Abdurrohman dari tim KFC Cycling Indonesia. Sedangkan kategori pembalap Asia tercepat yang berhak memakai jersey kuning masih dipegang Choon Huat Goh.

Atas hasil ini, Aiman mengaku cukup senang. "Saya baru pertama kali mencoba rute ini, baru tahu Batu," katanya.

Katua Panitia Pelaksana Tour d'Indonesia Parama Nugroho menambahkan, balapan tahun ini memang lebih kompetitif ketimbang tahun lalu. Para pembalap disebutnya lebih agresif, bahkan mencatat rata-rata kecepatan lebih tinggi dari sebelumnya, mencapai 40,9 km/jam.

"Dibandingkan tahun lalu, lebih kompetitif secara tim dan kecepatan. Dari awal, sudah maulai tarik-tarikan. Semoga besok masih bisa begini,” katanya.