×

Angus Lyons Juara Etape 1 Bank BRI Tour d' Indonesia 2019

Ngawi. Pembalap tim Oliver's Real Food Racing, Angus Lyons, menjuarai etape pertama Bank BRI Tour d' Indonesia 2019 lewat sprint ketat di garis finis di Ngawi, Senin (19/8).

Angus Lyons mencapai garis akhir dalam waktu 3 jam 55 menit 58 detik, unggul dalalam foto finis dari pembalap tim X-Speed United Continental, Ryan Roth, dan pembalap tim Sapura Cycling Mario Vogt.

Pada etape pertama yang berawal dari Candi Borobudur, Magelang, ketiga pembalap ini memang bersaing ketat usai sukses memisahkan diri dari rombongan besar beberapa saat menjelang garis finish. Roth bahkan sempat mengepalkan tangannya, mengira dirinya mencapai finish pertama. Namun akhirnya Angus Lyons dinyatakan keluar sebagai pemenang.

"Saya pikir ini cukup mengejutkan karena tadi sangat ketat. Saya tidak tahu kalau saya menang sampai anggota tim menyampaikannya kepada saya. Saya sangat antusias," kata Lyons usai lomba.

Etape pertama Bank BRI Tour d' Indonesia 2019 didominasi trek datar sepanjang 180,7 kilometer. Kondisi yang diakui Lyons cukup menguntungkannya untuk bisa selesai di posisi pertama, meski cuaca panas mendera pembalap hampir sepanjang trek.

"Saya bekerja keras dalam trek mendatar sepanjang tahun ini. Soal cuaca panas, saya cukup banyak balapan di Malaysia dan Filipina, jadi terbiasa dengan panas."

Terkait persaingan ketatnya dengan Angus Lyons hingga garis finish, Roth mengaku cukup terkejut.

"Ini hasil tak diperkirakan. Tadinya saya berpikir jarak akan lebih jauh antar pembalap. Mungkin besok akan berubah (jarak antar pembalap) karena trek tanjakan," katanya

Hasil etape ini membuat Angus Lyons berhak mengenakan green jersey sebagai pemimpin klasifikasi umum menurut waktu di awal etape kedua, yang akan menempuh jarak 157,7 kilometer dari Madiun menuju Kota Batu, pada Selasa (20/8).

Adapun red jersey penanda sprinter terbaik menjadi milik Vogt. Pembalap asal Jerman ini sebenarnya tak pernah meraih angka penuh di tiga intermediate sprint pada etape pertama. Tapi dia mampu merebut total 17 poin dan unggul atas Lyons yang mendapat 15 poin.

Jersey kuning yang merupakan simbol pembalap Asia terbaik terbaik dikenakan Choon Huat Gooh dari tim Terengganu TSG Cycling. Choon Huat Gooh sendiri finis di peringkat keempat dalam etape pertama.

Khusus untuk pembalap Indonesia, pembalap KFC Cycling Team Muhammad Abdurrohman menjadi yang tercepat usai finis di posisi keenam, tertinggal 1 menit 56 detik dari Lyons, sedangkan anggota tim nasional balap sepeda Indonesia Aiman Cahyadi yang memperkuat tim PGN Road Cycling berada di posisi ke-11.

Menanggapi hasil anggota tim nasional di Stage 1 Tour d' Indonesia, manajer timnas Budi Saputra menyebut pembalapnya kurang agresif dan salah perhitungan di awal lomba.

"Di awal sempat kaget. Begitu kilometer nol, pembalap tim Sapura Cycling, X-Speed United Cycling Team, dan Oliver's Real Food Racing langsung breakaway. Mungkin mereka prediksi dalam 10-50 kilomter awal masih dalam grup. Ini yang kaget. Kalau bisa antisipasi dari awal, masih ada kans lah," kata Budi.

Terkait pelaksanaan balapan hari pertama, Ketua Panitia Pelaksana Tour d' Indonesia 2019 Parama Nugraha mengaku cukup puas. Menurutnya, pengamanan dari kepolisian untuk mensterilkan jalur terhitung baik. Pun, antusiasme warga menonton para pembalap di sepanjang jalur yang dilalui.

"Overall, oke. Cukup seru. Belum apa, sudah ada yang breakaway. Masyarakat juga luar biasa. Di sini (Ngawi) sangat ramai. Sepanjang jalan tadi juga puas. Ternyata kami dinanti,” kata Parama.