×

Ariya Phounsavat Optimis Mempertahankan Gelar di Bank BRI Tour d'Indonesia 2019

Magelang. Juara bertahan Tour d' Indonesia, Ariya Phounsavat, optimis dapat mempertahankan gelar pada perhelatan Bank BRI Tour d' Indonesia 2019. Ariya kembali dengan tim sama seperti tahun lalu, Thailand Continental Cycling Team.

"Sebagai juara, kami datang untuk mempertahankan gelar. Perlombaan tahun ini akan sangat sulit, tapi saya harus optimistis," kata Ariya dalam keterangan pers sebelum Bank BRI Tour d' Indonesia di Magelang, Jawa Tengah, Minggu, (18/8).

Menurut Ariya, rute Tour d' Indonesia kali ini lebih menantang lantaran menyajikan banyak rute tanjakan. Ia menyebut sejumlah rute menanjak seperti Ijen, Jawa Timur, dan rute melewati Gunung Batur, Bali, di etape kelima.

"Saya pikir, ini hampir untuk climbers. Kami menunggu (rute) Bali karena melewati gunung api. Saya tidak berpengalaman karena saya belum pernah balapan dengan rute gunung api," kata pembalap asal Laos itu lagi.

Dalam Tour d' Indonesia tahun lalu, Ariya Phounsavat dikenal sebagai jawara rute tanjakan, usai merebut jersey polkadot yang merupakan simbol King of Mountain atau raja tanjakan.

Serupa dengan Ariya Phounsavat, pembalap sepeda dari tim debutan ProTouch Afrika Selatan, Rohan du Plooy, optimis menyambut balapan perdananya di Tour de Indonesia 2019.

Musababnya, ia mengaku telah mengetahui kemampuan sejumlah pembalap karena pernah berkompetisi di tur-tur sebelumnya.

"Kami bertemu beberapa dari mereka di Langkawi. Kami pun tahu mereka pembalap yang bagus, tapi kami akan berupaya maksimal untuk menunjukkan tim kami dan tentu saja mendapatkan hasil terbaik jika memungkinkan," kata Rohan.

Perhelatan Tour d' Indonesia 2019 merupakan debut tim ProTouch di Indonesia. Meksi baru berdiri pada tahun ini, mereka kedatangan sejumlah pembalap baru untuk memperkuat tim. Dna, Rohan percaya mereka dapat memberikan hasil maksimal dalam Tour d' Indonesia yang akan menempuh jarak total 825,2 kilometer dari Candi Borobudur hingga Batur Geopark di Bali.

"Kami belum melihat rute pasti, tapi kami sudah memperhitungkannya berdasarkan profil. Akan sangat menarik melihat bagaimana perlombaan nanti bakal berlangsung," ujar pembalap asal Afrika Selatan ini.

Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 akan dimulai Senin (19/8) dengan etape pertama dimulai di Candi Borobudur dan berakhir di Alun-Alun Ngawi.